CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 22 September 2012

HISTORY OF ADA BAND



18 November 1996, 

ADA BAND resmi terbentuk dengan beranggotakan  Ibrahim Imran (Baim) pada vocal dan gitar , Khrisna Balagita (Khrisna) pada keyboard/ piano, Dika Satjadibrata (Dika) pada bass, Iso Eddy H (Iso) pada keyboard dan backing vocal, dan Elif Ritonga (E’el) pada drum. Setahun kemudian ADA Band merilis album pertama mereka bertajuk “Seharusnya”, dengan hits single “Seharusnya”, dibawah naunga label  BMG Musik.

Kemudian album kedua mereka berjudul “Peradaban 2000” rilis Juli 1999, kali ini mereka menjadika lagu “Oughh..!!!” sebagai his andalan dan album ini terjual hampir 200 ribu copy lebih dipasaran, dan BMG Musik Malaysia menawarkan ADA Band untuk mempromosikan albumnya di negeri Jiran tersebut. Namun sayangnya setelah album kedua ini E’el dan Iso hengkang dari ADA Band.

Hengkangnya E’el dan Iso tak membuat ADA Band berhenti berkarya. Album ketiga mereka berjudul “Tiara” rilis bulan Maret 2001, dengan single andalannya “Tiara” dan “1000” bayang pada album ini Rama Yaya Muktio bergabung dengan ADA Band menggantikan E’el pada drum. Desember 2001 terjadi pergantian personel kembali karena Baim memutuskan untuk hengkang dari ADA Band.

Hengkangnya Baim dari ADA Band, membuat ADA Band vakum selama dua tahun. Etttsss,, tapi ADA Band kembali menggebrak musik Indonesia tahun 2003. ADA Band tampil dengan konsep musik dengan nuansa yang lebih romantis dan dengan formasi baru yaitu Khrisna Balagita (Khrisna) pada keyboard/ piano, Dika Satjadibrata (Dika) pada bass, Rama Yaya Muktio (Rama) pada drum, Marshall S Rachman (Marsyal) pada gitar, dan  Donnie Sibarani (Donnie) pada vocal. Album Keempat ADA Band bertajuk “Metamorphosis” pun resmi di rilis dengan hit single “Masih (Sahabatku, Kekasihku). Di album ini ADA Band banyak mendapatkan penghargaannya di antaranya dinominasikan dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) dalam 4 kategori. Sampai dengan Clear Top 10 Awards dalam 3 kategori. Penghargaan yang pernah ADA Band dapatkan dalam album ini ialah “The Collest Song untuk lagu Masih versi Clear Top 10 Awards, dan ADA Band berhasil menyabet “Double Platinum” untuk album Metamorphosis. Album keempat kali ini di bawah label EMI Musik Indonesia.

Akhir tahun 2003 ADA Band kembali merilis album ke Lima nya bertajuk  The Best Of ADA Band-Discography”. Lagu “Jadikan Aku Raja” menjadi andalan di album ADA Band kali ini. Album ini berhasil menyabet Platinum Award.


2004, Rama sang drummer mengalami kecelakaan, mobil yang ia kendarai menabrak dan dirinya mengalami luka parah kondisinya pun tak memingkinkan untuk menggebuk drum bersama ADA Band, akhirnya Rama pun hengkang dari ADA Band akibat kecelakaan ini. Keadaan ini memaksa ADA Band untuk mencari Additional Musicians, akhirnya Rere membantu ADA Band untuk menjalankan tournya di berbagai pulau di Indonesia.
Heaven Of Lovealbum ke Enam ADA Band pun rilis tahun 2004, dengan single pertamanya “Manusia Bodoh”,  di album ini ADA Band juga berduet dengan Gita Gutawa, puteri musisi Erwin Gutawa dalam lagu “Ayah,  Yang Terbaik Bagimu”, lagu-lagu dalam album ini pun menjadi hit single seperti “Kau Auraku”, “Langit 7 Bidadari”, “Setengah Hati”. Heaven Of Love pun berhasil mencatat angka penjualan lebih dari 300 ribu copy dalam waktu 5 bulan, dan berhasil mendapatkan penghargaan “Double Platinum”. Enam bulam kemudian ADA Band kembali mendapatkan penghargaan “Quadruple Award” karena mendapat 4 kali Platinum. Kali ini penjualan album mereka menembus angka 600 ribu copy.

2006, Album ke tujuh ADA Band resmi dirilis di pasaran dengan judul “Romantic Rhapsody” dengan bernuasa cinta dan unsur 70’an dengan gaya music Spanyol hadir di lagu “Senandung Lagu Cinta”. Single pertama mereka adalah lagu “Karena Wanita (Ingin Dimengerti)” di dedikasikan untuk seluruh wanita I seluruh dunia. Album kali ini pun di dukung penuh oleh PT. Softex Indonesia. Single “Jalan Cahaya” ft Ubiet yang bernuansa religious tetap menampilkan beat cantik ala ADA Band. Single “Haruskah Ku Mati” juga merajai chart nomor 1 di MTV Ampuh selama 7 Minggu. Penghargaan pun kembali dirain ADA Band dalam kategori “Group/Duo Artist of Year” versi MTV Ampuh. Di penghujung tahun 2006 atas kerjasama dengan Softex Heritage Music yang menjadi sponsor promosi album "Romantic Rhapsody" sejak awal 2006, Ada Band menggandeng fans beratnya untuk nonton bareng Robbie Williams ke Telstra Dome, Australia.

Album ke Delapan ADA Band berjudul  Cinema Story” beredar dipasaran tahun 2007. Di album ini ADA Band di percaya untuk mengisi soundtrack film “Selamanya” yang memuat 6 lagu lama dan 6 lagu baru antara lain Akal Sehat, Semenit Waktu, Nyawa Hidupku, Belahan Jiwa, Lari Dari Kenyataan, dan Kau dan Dirinya. Lagu “Akal Sehat dan Nyawa Hidupku”menjadi single andalan di album ini. Maret 2007, ADA Band merilis ulang lagu Manusia Bodoh dengan berduet bersama “Dave Koz”.

2008, Album ke Sembilan ADA Band bertajuk “Harmonius” rilis dipasaran dengan hits single “Baiknya”, tetapi kali ini  ADA Band harus kembali kehilangan personelnya karena Khrisna memutuskan untuk meninggal kan ADA Band dan memilih membentuk Khrisna New Spectrum bersama Dudi Nuno dan Ale Bonus. Di album ini ADA Band juga membuat lagu untuk kami fans nya “armADA” yang berjudul “Armada Masa Depan”lagu ini juga mendapatkan penghargaan dari menteri “Lukman Edy” kala itu. Album ini pun memuat lagu untuk para ibu yang bejudul “Pesona Potretmu”, dan “Pemain Cinta” menjadi single kedua mereka.

Mistery Of Musical” resmi dirilis tahun 2009 album ke Sepuluh ADA Band ini berisikan 7 lagu baru dan 5 lagu lama. Dua hits single ADA Band pun kembali di lempar kepasaran yaitu “Pemujamu dan “Masih Adakah Cinta”. Walau cuman bertiga ADA Band mampu membawakan lagu bertema cinta dengan nuansa music yang berbeda dari album sebelumnya. Di tahun ini ADA Band berduet dengan “Sandra Dewi” menyayikan lagu “Indonesia Pusaka” dalam rangka kepedulian terhadap masyarakat yang bertujuan menyehatkan dan mencerdaskan bangsa.

2011, ADA Band kembali menggebrak panggung musik Indonesia dengan menambah 1 personel yaitu Aditya Pratama (Adhy) pada drum. Sebelumnya Adhy adalah penggebuk drum band Tip-x dan sempat menjadi anggotan band pengiring MahaDewi. Dibawah naungan label Universal Music Indonesia ADA Band merilis album ke Sebelas  bertajuk Empati kepasaran dengan hits andalannya “Sendiri”  disusul dengan lagu “Maunya Kamu” dan “Takkan Bisa”. Pada album ini Adhy juga berpartisipasi membuat lagu “Lelah”, “Takkan Bisa”, “Menjadi Yang Terakhir”, dan “Penguasa Hatimu”, di album ini ADA Band menyelipkan unsur Rock di beberapa lagunya, tetapi tidak meninggalkan pecitraan ADA Band yang terkenal sebagai band spesialis romantis. “Album “Empati” ini juga menjadi semangat baru bagi ADA Band” ujar Donnie sang vocalis yang banyak di idolakan oleh kaum hawa. Ditahun 2012 ini ADA Band juga membuat sebuah komik yang terinspirasi dari lagu Maunya Kamu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar